jump to navigation

Kajian Kritis Terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Pengembangan Layanan Informasi Kepada Masyarakat Berbasis SMS (Short Message Service) di Kabupaten Sleman – Cicilia Lusiani, Bayu Wijayanto, Dwihansyah Agus Nugroho & Kanastasia Darma Alam Damanik 02 Feb 2010

Posted by dc09 in Jurnal Vol 4 Sep 2009.
trackback
Kajian ini ingin melihat sejauh mana upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.   Pemerintah Kabupaten Sleman dipilih sebagai lokus pembahasan karena kemudahan akses data. Kegiatan layanan  informasi kepada masyarakat berbasis SMS menjadi obyek pembahasan yang dipilih karena layanan ini banyak dikembangkan oleh pemerintah daerah sebagai strategi kompetitif dalam pengembangan kualitas layanan publik.  Kajian ini termasuk dalam kategori kajian yang bersifat deskriptif terutama untuk mendeskripsikan bagaimana Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Bagian Humas Sekretariat Daerah menyelenggarakan layanan informasi kepada masyarakat berbasis SMS.  Kegiatan layanan informasi kepada masyarakat berbasis  SMS di Kabupaten Sleman, secara hierarki perencanaan telah memenuhi prosedur yang benar. Namun dalam perencanaan kegiatan tidak dilengkapi dengan skenario manajemen resiko dan perhitungan produk knowledge sehingga tidak didapatkan value of money; tidak ada feasibility study; kondisi capaian saat ini menunjukkan hasil yang buruk akibat adanya penundaan waktu yang cukup panjang dari timeline yang direncanakan; Dari sisi kemanfaatan, hasil kegiatan layanan informasi kepada masyarakat berbasis SMS di Kabupaten Sleman dapat dikatakan tidak ekonomis, tidak efisien dan belum efektif karena belum ada output yang dihasilkan sehingga belum dirasakan manfaatnya.  Sehingga diperlukan penghitungan kembali cost and benefit ratio dengan memasukkan manajemen resiko dan skenario kegiatan dengan konsep manajemen yang benar; menyusun rencana implementasi yang baru dilengkapi dengan  re-feasibility study; dibuat roadmap pentahapan implementasi yang baru dan segera dilaksanakan secara konsisten.

Kata Kunci : Pemerintah Kabupaten Sleman, Short Message Service (SMS), Mobile  e-Government, manajemen resiko

04.Jurnal Ilkom Unmul v.4.3

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: